10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Buah alpukat adalah salah satu buah yang cukup banyak disukai. Selain itu terdapat segudang manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita yang jarang diketahui orang. Nah, kira-kira apa saja sih khasiat buah alpukat tersebut? Baca terus sampai habis ya! Oya sebelumnya kami juga sempat mengulas manfaat buah sawo, manfaat buah pepaya, manfaat buah naga, dan manfaat kulit buah naga.

Alpukat memang buah yang memiliki rasa yang sangat lezat sekali sehingga mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak suka buah ini. Buah ini kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan tubuh, sedangkan manfaat lainnya ialah banyak juga digunakan untuk perawatan kecantikan.

Banyak sekali pendapat yang mengatakan bahwa buah alpukat mengandung banyak lemak padahal sejatinya tidaklah demikian. Bahkan dengan mengkonsumsi buah alpukat akan membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengkontrol kelebihan berat badan. Bagi anda yang mencoba diet sehat bisa mencoba memasukkan alpukat kedalam menu makan anda.

Dewasa ini para ahli dari Loma Linda University tengah melakukan serangkaian penlitian terhadap alpukat dengan menambahkan alpukat segar pada makan siang apakah memiliki efek atau respon insulin, kenyang lebih lama dan pada kadar gula darah. Penelitian tersebut memang belum mencapai final namun pada dasarnya penelitian ini bisa dilanjtkan ketahap selanjutnya. Bahkan penelitian ini mendapat dukungan dari The Hass Avocado Board (HAB) secara finansial. Dukungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada hubungannya antara mengkonsumsi alpukat dengan efek positif pada penderita diabetes, faktor resiko terkena penyakit jantung dan pengelolaan berat badan.

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita
Manfaat Buah Alpukat via images.google.com

Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Berikut beberapa khasiat dari buah alpukat yang telah diketahui, apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan? Berikut pembahasannya.

#1 Buah Alpukat Mengandung Lemak Baik

Buah alpukat sebagian besar banyak dihindari karena mengandung jumlah lemak yang cukup tinggi. Memang benar jika alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi, namun itu adalah lemak tak jenuh tunggal atau biasa dikenal dengan lemak baik. Lemak baik ini yang memiliki peranan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. Lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam buah alpukat juga memiliki peranan membalikkan resistensi insulin yang dapat memicu diabetes tipe 2.

#2 Sumber Vitamin E

Salah satu buah yang mengandung vitamin E yang cukup tinggi ialah alpukat, bahkan dikatakan juga buah inilah yang memiliki kandungan vitamin E teringgi dibandingkan buah lainnya. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang memiliki peranan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga vitamin E ini tergolong sangat penting. Selain itu vitamin E memiliki efek yang positif bagi penderita stroke, penyakit jantung, mencegah kanker, penderita katarak serta memiliki sifat anti penuaan yang cocok untuk perawatan kecantikan.

#3 Bebas Residu Insektisida

Alpukat bisa dikatakan salah satu buah yang menyehatkan karena hingga kini belum ada alpukat yang dikembang biakan dengan rekayasa genetika. Kulit alpukat yang tebal membuatnya terlindungi dari pestisida yang membahayakan. Oleh karenanya buah ini biasa dikatakan sebagai buah organik.

#4 Membantu Peyerapan Nutrisi yang Lebih Baik

Mengkonsumsi buah alpukat dipercaya dapat meningkatkan jumlah karotenoid hingga 5 kali lipat yang diserap dari makanan. Karotenoid masih termasuk karoten dan likopen, keduanya merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan. Peningkatan bisa terjadi karena enzinm dan nutrisi dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan pada lapisan mukosa usus halus dan peradangan pada lambung. Sehingga bukan hanya tenaga saja yang akan anda dapatkan dari mengkonsumsi buah alpukat namun juga beragam khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

#5 Membantu Menurunkan Kolesterol

Dalam buah alpukat juga terdapat beta sitosterol yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam serangkaian studi yang dilakukan, ditemukan penurunan kadar kolesterol sekitar 17% pada peserta yang mengkonsumsi alpukat selama satu minggu.

#6 Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Salah satu buah sebagai sumber alami folat ialah alpukat. Yang mana folat sangat penting untuk perkembangan janin. Untuk ibu hamil direkomendasikan untuk memperbanyak mengkonsumsi banyak folat sedangkan folat umumnya tidak ada dalam makanan, namun kini telah ditemukan kandungan folat pada alpukat. Sehingga mengkonsumsi alpukat merupakan cara paling alami mendapatkan folat.

#7 Sumber Serat

Alpukat mengandung banyak serat, baik itu serat larut maupun serat tidak larut. Sehingga alpukat sangat baik untuk memlihara sistem pencernaan, mempertahankan fungsi usus, mencegah lonjakan gula darah setelah makan dan membantu mengurangi kolesterol dengan cara mencegah terjadinya penyerapan kembali oleh tubuh.

#8 Alpukat Baik Bagi Otak

Alpukat memang merupakan salah satu buah yang banyak khasiatnya dan salah satunya untuk otak manusia. Dengan mengkonsumsi alpukat membantu mengurangi resiko terserang Alzheimer. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang laju pertumbuhannya dapat ditekan bahkan memungkinkan untuk dikembalikan ketitik awal berkat kandungan Omega 3 dan vitamin E dalam alpukat.

#9 Mencegah Stroke

Selain baik untuk ibu hamil dan janin ternyata kandungan folat dapat mencegah resiko terjadinya stroke. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung folat akan berkurang resikonya terkena stroke daripada mereka yang kurang mengkonsumsi makanan tanpa folat. Sehingga bisa dikatakan bahwa manfaat buah alpukat untuk mencegah stroke memang sangatlah berkhaasiat.

#10 Melindungi Kesehatan Mata

Asupan Lutein dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi alpukat. Asupan lutein ini bergfungsi untuk melindungi mata kita dari pembentukan katarak dan degenerasi makula. Namun penelitian lebih lanjut masih terus dilanjutkan untuk meneliti lebih jauh apa saja sebenarnya yang bermanfaat bagi mata dari alpukat.

Buah alpukat dapat dikonsumsi dengan beragam cara mulai dari dimakan langsung atau diolah menjadi beragam jenis minuman. Alpukat bisa dimasukkan kedalam menu diet anda karena fungsi mencegah laparnya sangat baik untuk mengurangi nafsu makan saat anda diet.

Demikianlah sedikit ulasan singkat kami seputar manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain yang tidak kalah menariknya diblog kami.

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami