4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu

Apel adalah salah satu buah yang dapat ditemukan dengan mudah diberbagai toko buah dan memang banyak sekali yang menyukainya. Namun sedikit yang tahu apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh yang wajib anda tahu? Untuk mengetahui lebih banyak apa saja khasiatnya bagi kesehatan kulit serta manfaatnya bagi tubuh baca terus sampai habis ya!

Apel merupakan salah satu buah yang cukup populer dan mudah didapat mulai dari pasar, toko buah hingga supermarket. Di Indonesia sendiri juga banyak petani apel seperti salah satu yang cukup terkenal akan apelnya ialah daerah Batu di Malang. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi berbagai minuman seperti juz, koktail atau berbagai olahan masakan lain.

Sebelum mengkonsumsi apel secara langsung pastikan untuk mencucinya hingga bersih terlebih dahulu, untuk membersihkan pestisida atau pengawet yang menempel pada kulit apel. Jenis pestisida pada umumnya yang sering dipakai ialah jenis organo-chlorida dan organofosfat seperti DDT dan permethrin.

Sebelum melanjutkan dan mengetahui apa saja manfaat buah apel sebelumnya kami juga membahas seputar manfaat buah alpukat, manfaat buah sawo, manfaat buah pepaya, manfaat buah naga merah dan manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh
Manfaat Apel via images.google.com

Khasiat Buah Apel untuk kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Buah apel sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena kandungan manfaat buah apel untuk kulit dan kesehatan sangatlah baik. Nah penasaran bukan apa saja sih khasiat buah apel bagi kesehatan, berikut khasiat-khasiatnya yang harus anda tahu.

#1 Memperpanjang Usia

Umur manusia merupakan ketentuan Tuhan yang Maha Esa namun kita bisa mengupayakan hidup sehat agar mendapatkan tubuh yang sehat dan umur yang panjang. Dan mengkonsumsi apel secara rutin dapat menambah usia sekitar 10%. Hal ini telah diteliti oleh American Chemical Society pada tahun 2011 lalu dengan menguji cobanya pada hewan. Hewan yang mengkonsumsi apel dapat bertahan hidup 10% lebih lama serta mempunyai kemampuan motorik yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi apel. Meski penelitian tersebut diuji coba pada hewan, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika pada manusia tidak jauh berbeda hasilnya.

#2 Manfaat Buah Apel untuk Kulit

Apel merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini biak bagi kulit karena dapat digunakan untuk mencerahkan kulit serta mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu apel juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati karena adanya kandungan asam malat. Sedangkan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) didalam buah apel membantu menjaga kulit dari penuaan dini serta keriput. Selain kandungan antioksidan yang tinggi apel juga mengandung flavonoid dan serat makanan yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat buah apel pada kulit anda bisa langsung mengkonsumsinya secara rutin atau dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat masker sangatlah mudah, pertama blender buah apel hingga halus kemudian tambahkan sedikit madu dan gunakan sebagai masker pada wajah anda. Gunakan selama kurang lebih 20 menit baru kemudian dibilas.

#3 Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Selain baik untuk kulit ternyata kandungan antioksidan pada apel juga memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Kandungan antioksidan dan phytonutrien yang ada dalam apel membantu mencegah kanker, hipertensi, diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

Dalam salah satu studi yang yang pernah dilakukan, dengan mengkonsumsi buah apel, blueberri, pir dan anggur dengan takaran 3 sajian perminggu dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 7%.

#4 Mempertajam Daya Ingat

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel ternyata dapat meningkatkan senyawa kimia yang biasa disebut sebagai asetilkolin. Hal ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachustts. Zat asetilkolin tersebut adalah salah satu hormon yang memiliki fungsi menghubungkan sel otak. Dan fakta ini juga diperkuat oleh serangkaian penelitian yang membuktikan bahwa buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi ternyata dapat mencegah penurunan daya ingat pada otak. Apalagi kandungan vitamin B komplek pada apel mulai dari vitamin B6, thiamin dan riboflavin membantu menjaga sel darah merah dan membantu menutrisi syaraf yang semakin baik untuk meningkatkan daya ingat.

Nah kurang lebih manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh yang wajib anda tahu ini. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermnfaat bagi pembaca setia blog OneStopSehat. Jangan lupa baca artikel-artikel kami yang menarik lainnya ya!

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami