14 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Tahu

Apa sih manfaat buah naga untuk ibu hamil yang harus anda tahu? Apakah memiliki khasiat yang baik atau sebaliknya? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas secara mendetail apa sih manfaat dari buah naga ini khususnya bagi ibu hamil. Baca sampai habis ya!

Buah naga memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil dan telah dibuktikan melalui serangkaian penelitian. Tidak sedikit wanita yang takut mengkonsumsi buah naga saat hamil padahal sebaliknya buah naga memiliki khasiat yang baik bagi wanita yang tengah hamil maupun bagi janin di dalam kandungan.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin
Manfaat Buah Naga via images.google.com

Manfaat Penting Buah Naga bagi Ibu Hamil

Nah berikut ini merupakan manfaat buah naga bagi ibu hamil serta bagi janin yang harus anda tahu.

#1 Sebagai Sumber Energi

Buah naga memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi ibu hamil, setidaknya terdapat 9-14 gram karbohidrat dalam 100 gram buah naga. Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan karbohidratnya yakni sebanyak 135 gram perhari sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh maupun janin.

#2 Mengurangi Resiko Masalah BAB

Ibu hamil sangat reantan terkena masalah BAB sehingga dengan mengkonsumsi buah naga dapat membantu melancarkan masalah BAB. Itu karena buah naga mengandung serat yang sangat baik bagi percernaan.

#3 Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Buah naga juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi si janin. Pertumbuhan tulang dan gigi yang baik membuat janin menjadi lebih sehat.

#4 Membantu Menyempurnakan Indera Penglihatan Pada Janin

Buah naga juga bagus untuk indera penglihatan si janin. Kandungan karoten pada buah naga inilah yang mampu menyempurkan indera penglihatan si janin. Buah naga yang lebih banyak mengandung karoten ialah buah naga merah.

#5 Mencegah Resiko Terkena Penyakit Tulang

Kesehatan tulang ibu hamil sangat rentan terkena osteoporosis. Hal itu terjadi karena selama masa kehamilan ibu hamil akan membawa beban yang cukup berat sehingga dapat mengikis kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi pada buah naga ini membantu ibu hamil tetap terjaga dari osteoporosis maupun penyakit tulang lainnya.

#6 Menyeimbangkan Metabolisme Sel

Keseimbangan kesehatan ibu hamil maupun si janin juga dipengaruhi oleh keseimbangan sel. Buah naga mengandung vitamin B1 yang baik untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Sehingga nampak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil terutama dalam kasus metabolisme sel ini.

#7 Menormalkan Tekanan Darah

Kandungan vitamin B Selain baik untuk membantu menyeimbangkan metabolisme sel juga dapat membantu menormalkan tekanan darah bagi ibu hamil yang tengah mengalami hipertensi yang mungkin dapat membahayakan si janin, contohnya seperti janin rentan terkena komplikasi.

Baca juga : Gejala asam urat

#8 Membentuk Sistem Syaraf Tulang Belakang Pada Janin

Buah naga dapat membantu membentuk sistem syaraf tulang belakang pada janin karena kandungan folat yang cukup baik. Sehingga janin dapat berkembang sesuai usianya. Janin sangat rentan terkena kelainan serta cacat syaraf tulang belakang, sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah naga.

#9 Mengurangi Resiko Bayi Lahir Premature

Kurangnya kebutuhan folat juga dapat membuat janin terlahir secara premature. Buah naga mengandung folat yang membantu meminimalisir janin terlahir secara premature.

#10 Mengatasi Masalah Dehidrasi

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi selain semangka. Dengan kandungan air yang cukup tinggi inilah buah naga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mengatasi dehidrasi.

#11 Membentuk Sel Darah Merah

Setiap 100 gram buah naga mengandung 0,65 mg zat besi. Kandungan zat besi ini dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencegah atau mengurangi resiko terjadinya anemia pada ibu hamil. Karena saat wanita tengah hamil maka sel darah merah akan terbagi menjadi dua, pertama bagi dirinya sendiri dan kecua bagi si janin. Itulah mengapa wanita yang tengah menagndung lebih rentan terekna anemia.

#12 Membantu Pertumbuhan Janin

Kandungan folat juga membantu pertumbuhan janin dengan sempurna. Pertumbuhan janin yang sempurna tentu akan mengurangi cacat sejak dini.

#13 Meningkatkan Sistem Imun

Selain mengandung vitamin B buah naga juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini cukup baik dalam meningkatkan sistem imun atau yang biasa disebut kekebalan tubuh si janin dan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit seperti flue, batuk, dll. Jika sistem kekebalan sang ibu baik tentu saja sistem kekebalan si janin juga baik.

#14 Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Buah naga juga mengandung antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas di percaya dapat membahayakan ibu hamil dan janin seperti menyebabkan bayi lahir premature bahkan cacat.

Baca juga : Pantangan asam urat dan kolesterol

Nah, demikianlah manfaat buah naga untuk ibu hamil yang harus anda tahu. Melihat dari kanyanya manfaat buah naga bagi kesehatan ibu hamil dan si janin tentu buah naga menjadi salah satu buah yang cukup penting untuk dikonsumsi.

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami