Tuesday, November 22, 2016

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap manusia, namun ada kalanya kita juga bisa sakit karena kurangnya menjaga kesehatan atau pola makan kita yang tidak sehat. Nah pada kesempatan kali ini kamu akan sedikit mengulas seputar pantangan makanan penderita asam urat dan kolesterol yang harus dihindari setelah sebelumnya kami mengulas seputar gejala asam urat. Apa saja kira-kira makanan yang perlu dihindari? Baca terus sampai habis ya!

Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan persendian mendadak merasakan nyeri, kaku, perih dan bengkak. Persendian yang umum terserang ialah pada sendi jempol kaki. Penyakit ini bisa terjadi disebabkan oleh menumpuknya zat yang disebut asam urat di dalam darah. Menurut beberapa pakar reumatologi mengatakan bahwa penyakit asam urat berhubungan dengan beberapa masalah metabolisme dan salah satunya adalah kolesterol. Kolesterol ini diduga dapat menjadi penyebab meningkatnya faktor resiko berkembangnya asam urat dalam sendi.

Ada banyak cara mencegah dan mengurangi resiko terkena asam urat dan kolesterol. Namun cara paling efektif tentu saja dengan menjalankan pola hidup yang sehat yakni mulai dari menjaga pola makan menerapkan olahraga dan masih banyak lagi. Menjaga pola makan merupakan salah satu faktor yang paling penting. Ada beberapa makanan yang memang harus dihindari demi mencegah munculnya atau kambuhnya penyakit asam urat dan kolesterol.

Pantangan makanan penderita asam urat kolesterol
Pantangan Asam Urat via diamondherbs.co

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Harus Dihindari

Apa saja kira-kira pantangan asam urat dan kolesterol yang tidak boleh dimakan demi mengantisipasi kambuhnya penyakit asam urat dan kolesterol. Inilah diantaranya :

#1 Daging

Daging merupakan salah satu makanan yang patut di waspadai. Pasalnya beragam jenis daging terutama daging merah, mempunyai kandungan kolesterol dan purin dalam jumlah yang tinggi. Untuk itu disarankan jika anda ingin mengkonsumsi daging merah buanglah lemak yang menempel pada dagingnya terlebih dahulu.

Jenis daging putih seperti daging kalkun dan daging ayam bisa jadi opsi jika anda ingin memakan daging. Tetapi anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya agar aman dikonsumsi, buanglah terlebih dahulu kulitnya dan jangan diolah dengan cara digoreng.

#2 Jeroan

Jeroan sebenarnya memang bagian daging yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung banyak sekali kandungan yang tidak baik bagi kesehatan. Diluar negeri seperti malaysia contohnya ketika ayam disembelih bagian yang dibuang dan tidak dikonsumsi ialah jeroan, kepala dan ceker karena dipercaya sebagai sumber penyakit.

Jeroan bukan hanya pantangan bagi penderita asam urat saja namun bagi penderita kolesterol juga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya. Jeroan seperti kikil, babat, rempela, ginjal, hati, kelenjar timus dan lain sebagainya mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi yang dapat memicu meningkatnya kadar asam urat.

Purin merupakan senyawa kimi tertentu yang terkandung dalam beberapa makanan yang ketika pecah berubah menjadi asam urat. Kandungan purin yang paling tinggi terkandung dalam hati. Alasanya karena kolesterol disimpan dan dibuat didalam hati dan pada hewan tingkat kolesterol paling tinggi ada pada bagian organ hati.

#3 Makanan Laut (seafood)

Makanan laut atau yang lebih trend disebut seafood diantaranya ialah sarden, ikan teri, makarel, kerang, tuna dan masih banyak lagi. Beberapa makanan laut diatas memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sedangkan untuk lobster memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Setidaknya ada sekitar 61 mg yang terkadung dalam 85 gram lobster. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng tentu jumlah kolesterolnya bisa meningkat lagi.

Sehingga berbagai bentuk makanan laut memang tidak disarankan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Batasi konsumsinya untuk menjaga kadar asam urat dan kolesterol agar tidak naik dan kambuh lagi.

#4 Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang tidak sedikit pun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tanpa terkecuali bagi penderita asam urat dan kolesterol. Terlalu berlebihan mengkonsumsi minuman yang beralkohol dapat meningkatkan asam urat dan menyebabkan serangan yang berulang-ulang, terutama minuman seeprti bir. Selain itu konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol serta trigliserida (jenis lemak) di dalam darah.

Dengan menjaga pola makan dan menghindari pantangan makanan penderita asam urat dan kolesterol serta didampingi olehraga yang teratur, akan membuat anda terjaga dari serangan asam urat dan kolesterol. Demikianlah sedikit info yang dapat kami bagi, semoga bermanfaat.

Related Posts

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol
4/ 5
Oleh