Tuesday, November 22, 2016

Gejala Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang cukup merepotkan karena jika terkena penyakit ini membuat penderitanya merasakan nyeri yang tak tertahankan. Nah apa saja sih gejala penyakit asam urat dan cara mengatasinya secara alami? Baca terus ampai habis ya!

Penyakit asam urat atau yang biasa disebut gout merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, rasa panas dan pembengkankan di persendian. Sendi-sendi yang umumnya terserang biasanya jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jari tangan.

Penyakit ini umumnya lebih sering menyerang laki-laki dari pada perempuan terutama saat usia 30 tahun keatas. Jika pada perempuan, penyakit ini biasanya beresiko muncul setelah menopause.

Ketika seseorang terserang penyakit ini umumnya akan merasakan perkembangan gejala yang sangat cepat pada jam pertama. Rasa sakit yang muncul bisa berlangsung selama 3 hingga 10 hari. Pembengkakan yang diderita tidak hanya ada pada sendi yang terserang saja namun juga pada daerah sekitar sendi dan membuat penseritanya tidak bisa bergerak secara leluasa.

Banyak yang salah kaprah menyebut asam urat ini dengan penyakit rematik padahal keduanya merupakan penyakit yang berbeda meski terjadi pada sendi. Rematik merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut rasa nyeri pada sensi atau otot yang mengalami peradangan. Sedangkan asam urat merupakan salah satu penyakit yang memang terjadi dalam persendian. Mengetahui lebih dalam seputar asam urat dapat membantu kita membedakan sakit apa ketika mengalami nyeri pada sendi.

Banyak juga yang salah mengartikan jika kadar asam urat didalam darah tinggi (hiperurisemia) maka akan terserang asam urat. Hal ini sebenarnya salah karena hanya sekitar 30% dari penderita hiperurisemia yang mengalami asam urat (gout).

Gejala penyakit asam urat dan cara mengatasinya secara alami
Gejala Asam Urat via netdoctor.co.uk

Gejala Penyakit Asam Urat Yang Harus Kamu Tahu

Gejala penyakit asam urat yang umumnya terjadi biasanya sendi tiba-tiba terasa sakit terutama pada sendi jempol kaki. Ketika seseorang merasakan sakit akibat terserang gejala ini maka akan kesulitan saat berjalan maupun bergerak. Gejala ini dapat timbul kapan saja namun umumnya lebih sering menyerang ketika malam hari.

Bukan hanya pada abgian jempol kaki saja yang rawan terkena penyakit asam urat namun sendi-sendi lain yang posisinya ada pada ujung juga sering terserang. Contohnya seperti sendi telapak kaki tengah, pergelangan kaki, pergelangan tangan, siku dan jari-jari tengah.

Nyeri yang dirasakan akan berkembang dalam waktu yang cepat hanya dalam tempo beberapa jam saja. Nyeri yang sangat ini akan diringi dengan pembengkakan, rasa panas dan munculnya warna kemerahan pada kulit sekitar sendi.

Penyakit asam urat yang menyerang sendi umumnya berlangsung selama 3 hingga 10 hari. Ketika gejala mulai mereda dan pembengkakan mengempis, kulit disekitar sendi akan mulai bersisik, terasa gatal dan perlahan terkelupas. Meskipun sebenarnya serangan asam urat ini bisa reda dengan sendirinya namun penyakit ini tidak boleh diremehkan. Pengobatan sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah resiko terserang lagi dengan tingkat rasa sakit dan pembengkakan yang lebih parah. Selain itu juga untuk mencegah sendi-sendi yang lain terserang dan untuk meminimalisir kerusakan sendi secara permanen.

Baca juga : Cara mengobati sakit kepala

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit asam urat pada sendi yang menggunakan bahan alami namun terbukti efektif menyembuhkan sendi.

#1 Makan Buah Cerry

Buah cerry mempunyai kandungan senyawa asam yang cukup pekat. Kandungan senyawa ini dapat mengimbangi kadar asam urat yang ada didalam urine dan darah. Buah cerry juga mempunyai kandunga nutrisi dan kalium yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit secara pada persendian.

Buah cerry memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti oksidan yang cukup tinggi. Kandungan anti-inflamasi dapat mencegah timbuknya peradangan. Sedangkan kandungan antioksidan membantu mencegah radikal bebas yang membahayakan.

#2 Mengkonsumsi Makanan Bersifat Basa

Dengan memperbanyak makanan yang bersifat basa seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji dan lain sebagainya maka akan membantu menurunkan asam urat seperti yang ditulis oleh Dr. Theodore A pada bukunya yang berjudul "Alkalinize or Die".

Asam urat sebenarnya diproses melalui ginjal. Dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bersifat basa maka akan membantu melarutkan asam urat dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

#3 Mengkonsumsi Cukup Vitamin C

Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu mengatasi peradangan pada sendi yang tiba-tiba muncul. Kandungan ontioksidan yang terkandung dalam vitamin C dapat meringankan nyeri serta mencegah dan menangkal radikal bebas.

Salah satu buah-buah yang kandungan vitamin C nya tinggi ialah jambu. Oleh karenanya, sebisa mungkin perbanyak mengkonsumsi jambu bisa dengan cara dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi yakni buah kiwi dan buah jeruk.

#4 Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh mengatasi asam urat. Konsumsilah air putih minimal 8-10 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Air putih adalah salah satu jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat di dalam ginjal.

Terpenuhinya kebutuhan air pada tubuh dengan mengkonsumsi air yang cukup maka kadar asam urat di dalam tubuh tidak akan menjadi pekat. Sehingga terjadinya kristalisasi pada bagian sendi sangatlah minim.

#5 Menyembuhkan Asam Urat dengan Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu bahan yang sering kali dipakai oleh ibu rumah tangga untuk memasak. Daun ini berfungsi untuk memberikan aroma pada masakan agar lebih khas. Selain memiliki fungsi sebagai pemberi aroma daun salam ternyata mengandung kalium yang mempu digunakan untuk menurunkan asam urat dengan cepat.

Cara mengoati asam urat dengan daun salam ialah pertama siapkan terlebih dahulu 2 gelas air putih dan 10 lembar daun salam. Cuci bersih daun salam dan rebus dengan menggunakan air tadi hingga mendidih dan menjadi 1 gelas air. Selanjutnya biarkan dingin dan konsumsilah secara rutin maksimal 2 kali dalam 3 hari selama 1 bulan dan lihat perkembangannya.

#6 Mengkonsumsi Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang termasuk dalam buah masam. Sifat masam pada buah lemon cukup tinggi yang mampu digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Kandungan asam tersebut juga membantu tubuh dalam memproduksi kalium karbonat yang dapat digunakan untuk menetralkan asam urat.

#7 Mengkonsumsi Cuka Madu

Cuka madu mungkin masih terdengar asing ditelinga anda. Cuka madu di Arab Saudi biasa disebut propolis, obat yang satu ini biasanya banyak dijual oleh pedagang obat-obatan herbal. Propolis ialah kumpulan dari resin lebah yang memiliki khasiat membantu memberikan sifat basa di dalam tubuh. Sehingga dapat menetralkan asam urat secara efektif.

#8 Mengobati dengan Cengkeh dan Ubi Jalar

Cengkeh dan ubi jalar merupakan salah satu kombinasi bahan herbal yang cukup baik dalam mengobati asam urat yang telah digunakan secara turun temurun mulai dari jaman nenek moyang kita dahulu. Gabungan kedua bahan alami ini dapat menetralkan asam urat serta kadar purin dalam tubuh.

Cara pengobatan :
  • Siapkan dahulu ubi jalar 200 gram, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, biji pala 5 gram, 1 jari kayu manis, jahe merah 15 gram dan 1 liter air. Cuci hingga bersih
  • Rebus semua bahan dalam 1 liter air hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya
  • Saring kemudian minum selagi hangat. Untuk ubi jalarnya bisa dikonsumsi seperti biasa.

#9 Mengatasi Asam Urat dengan Cocor Bebek

Cara mengatasi asam urat yang terakhir ialah memanfaatkan daun cocor bebek yang dicampur dengan jahe, cengkeh dan aneka bahan lainnya. Gabungan dari racikan bahan-bahan hergbal tersebut terbukti mampu menyembuhkan penyakit asam urat dan telah diwariskan secara turun-temurun. Bahkan jika anda ingin mengkonsumsinya secara rutin dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara pengobatan dengan asam urat :
  • Siapkan bahan-bahan alami berikut ini mulai dari daun cocor bebek 4 lembar, cengkeh 5 butir, kapulaga 5 butir, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, jahe 10 gram dan air 600 ml
  • Rebuslah semua bahan tersebut dalam air hingga mendidih dan air tinggal setengahnya
  • Konsumsilah rutin 3 kali sehari
  • Setelah seminggu asam urat akan sembuh

Baca juga : Penyebab sakit kepala

Nah demikianlah ulasan singkat kami seputar gejala penyakit asam urat dan cara mengatasinya secara alami. Semoga apa yang kami ulas ini dapat bermanfaat.