6 Manfaat Kulit Buah Naga Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

Ada segudang manfaat kulit buah naga bagi kesehatan yang wajib anda tahu. Dengan mengetahui apa saja manfaatnya anda yang dulunya kurang suka mengkonsumsi buah naga bisa saja menjadi suka. Nah penasaran bukan apa saja sih khasiatnya? Baca teris sampai habis ya!

Buah naga atau yang biasa disebut dragon fruit ini sebenarnya merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di meksiko hingga daratan amerika utara. Disebut buah naga karena dilihat secara fisik kulitnya berbentuk seperti kulit naga. Di negara China umumnya buah ini sering dipakai untuk upacara keagamaan karena dipercaya sebagai buah yang sakral untuk sesaji para dewa.

Buah naga merupakan jenis buah yang cocok ditanam didaerah yang agak kering karena termasuk dalam jenis kaktus. Di Indonesia juga banyak sekali para petani buah naga ini, seperti daerah madura misalnya. Karena tidak memerlukan banyak air maka sangat mudah sekali bagi buah ini untuk tumbuh asal daerahnya tidak sering turun hujan.

Buah naga merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat didalamnya. Kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Banyak sekali para dokter yang merekomendasikan memakan buah ini pasca operasi karena dapat mengeringkan luka bekas operasi dengan cepat.

Sebelumnya kami telah mengulas seputar manfaat buah naga untuk ibu hamil serta manfaat buah naga merah, selanjutnya kami akan mengulas juga manfaat kulit buah naga yang jarang sekali orang tahu. Kulit naga dibuang begitu saja karena dianggap kurang memiliki manfaat padahal kulit buah naga ini mengandung taraxast, triyepene dan pentacylic yang sangat baik untuk peredaran darah manusia.

Manfaat kulit buah naga bagi kesehatan
Manfaat Kulit Buah Naga via images.google.com

Manfaat Kulit Buah Naga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Berikut manfaat kulit buah naga bagi kesehehatan yang harus anda tahu dan pastinya sangat bermanfaat untuk membantu menghindari gangguan kesehatan.

#1 Mengobati Tumor

Kulit buah naga dipercaya dapat mencegah dan mengobati tumor. Ada kandungan senyawa didalam kulit buah naga yang mempunyai peran aktif menghambat tumbuhnya sel abnormal yang berpotensi menjadi tumor. Untuk melakukan pengobatan dengan kulit buah naga ini anda bisa mengolahnya menjadi minuman herbal. Cara membuatnya cukup mudah, pertama jemur terlebih dahulu kulit buah naga hingga kering. Lalu seduhlah dengan air hangat seperti anda membuat teh pada umunya. Minumlah secara rutin untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 2 kali sehari.

#2 Mencegah Kanker

Tidak hanya dagingnya saja yang baik untuk digunakan mencegah kanker, namun kulit buah naga ini juga baik untuk mencegah resiko terkena kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, namun berbagai jenis penyakit kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi obat herbal dari kulit buah naga ini.

#3 Melembabkan Kulit

Kulit kering merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami orang. Kulit kering paling sering dialami oleh mereka yang sering beraktifitas diluar ruangan dan terpapar sianr matahari secara langsung. Kulit kering tentu saja mempengaruhi kesehatan karena dapat menimbulkan beragam gangguan kesehatan kulit lainnya. Konsumsi obat herbal dari olahan kulit buah naga ini juga dapat membantu anda terhindar dari kulit yang lembab.

#4 Merawat Kulit

Kulit buah naga memiliki kandungan vitamin C, vitamin E dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit tampak kering dan kusam. Untuk melakukan perlindungan terhadap kulit dari luar anda bisa mencoba membuat masker wajah dari kulit buah naga sedangkan untuk perawatan dari dalam anda bisa mengkonsumsinya sebagai minuman layaknya teh.

Untuk membuat masker caranya cukuplah mudah, pertama pisahkan bagian kulit yang halus dan kulit yang kasar atau kulit terluarnya. Kemudian haluskan kulit bagian dalam ini dengan cara ditumbuk atau dibleder. Gunakan sebagai masker pada wajah anda secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Masker ini mampu menghilangkan banyak masalah wajah seperti komedo, jerawat dan keriput.

#5 Melenturkan Pembuluh Darah

Didalam kulit buah naga ternyata memiliki senyawa yang dapat melenturkan pembuluh darah menurut hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini. Dengan adanya kandungan senyawa ini segala permasalahan yang muncul yang behubungan dengan pembuluh darah seperti kekakuan bisa segera diatasi. Kandungan senyawa tersbut yang dapat melenturkan pembuluh darah ialah senyawa pentacylic triyepene 20ene 30aol dan taraxast 12. Kedua pembululuh darah inilah yang menjaga pembuluh darah agar tetap sehat dan lentur. Sebelum ditemukannya kandungan senyawa ini pada buah naga sebelumnya hanya obat kimia saja yang dapat menyelesaikan masalah ini. Sehingga ini merupakan terobosan terbaru yang merupakan salah satu alternatif menggunakan bahan alami.

#6 Mendeteksi Formalin dan Boraks

Maraknya penggunaan formalin dan boraks pada makanan baru-baru ini sangat mengkhawatirkan masyarakat. Banyak sekali pedagang-pedagan nakan yang mencampurkan kedua bahan ini sebagai pengawer makanannya. Hal ini tentu akan membahayakan pembeli yang mengkonsumsinya, karena efek jangka panjangnya dapat membahayakan kesehatan. Seperti terkena penyakit kanker, kerusakan otak, tumor dan masih banyak lagi yang lain.

Lantas bagaimana cara mendeteksi formalin maupun boraks pada makanan? Caranya adalah sebagai berikut pertama potong-potong kulit buah naga lalu rendam dalam air dan tambahkan perasan air jeruk nipis secukupnya. Tunggulah beberapa sat hingga air berubah warnanya menjadi merah. Celupkan tisu kedalam air tersebut lalu tempelkan pada makanan yang hendak di uji.

Jika tisu ditempelkan dan warnanya tetap merah maka bisa dipastikan makanan tersebut mengandung formali atau boraks. Namun jika tisu tersebut memudar warnanya dan berubah menjadi putih maka bisa dipastikan makanan tersbut aman untuk dikonsumsi.

Nah demikianlah manfaat kulit buah naga bagi kesehatan yang wajib anda tahu. Semoga dengan mengetahui khasiatnya anda bisa mengoptimalkan untuk menjaga kesehatan anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami yang lain yang tentu saja tidak kalah menariknya seperti cara menghilangkan jerawat dan cara memutihkan wajah.

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami