Tuesday, November 29, 2016

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Negatifnya

Buah-buahan memang kaya akan manfaat karena mengandung banyak sekali nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh. Nah mari kita cari tahu apa manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan serta efek negatifnya. Dengan mengetahui khasiatnya kita bisa memanfaatkan buah ini untuk menjaga kesehatan maupun mempercantik diri. Baca terus ya!

Salah satu manfaat buah pepaya yang paling ampuh ialah untuk membantu melancarkanpencernaan serta BAB dan tentu saja tidak sebatas itu karena buah ini memiliki banyak khasiat lainnya.

Buah pepaya merupakan buah yang paling mudah ditemukan terutama di wilayah Indonesia. Hampir setiap penduduk desa mempunyai tanaman ini dipekarangan rumah mereka. Sehingga membuat buah ini mudah untuk didapatkan. Buah ini sering kali dikonsumsi secara langsung, akan tetapi pepaya juga bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner yang menggoda. Baik itu setelah matang maupun yang masih muda saat ini banyak dimanfaatkan terutama untuk masalah kesehatan.

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan kecantikan
Manfaat Pepaya via thaifood.about.com

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Dalam satu buah pepaya berukuran sedang mengandung kira-kira 30 gram karbohidrat (5 gram serat dan 18 gram gula), 120 kalori, dan protein 2 gram. Pepaya juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sekitar 224% dari kebutuhan harian.

Kandungan nutrisi yang lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, folat, tembaga, magnesium, fiber 3 asam pantotenat, beta karoten, alfa, lutein, zeaxanthan,kalsium, kalium dan lycopene.

Buah pepaya sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan manusia terutama untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Namun tahukah kamu apa saja manfaat buah pepaya yang lain? Mari kita membahasnya.

Baca juga : Manfaat kulit buah naga

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Berikut segudang manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang harus kamu tahu.

#1 Menguatkan Sistem Imun

Buah pepaya sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit seperti flue, batuk, pilek, infeksi dan meredakan demam. Karena buah pepaya mengandung senyawa beta karoten yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

#2 Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah pepaya baik untuk penderita diabetes karena mengandung sekitar 4,7 gram serat dalam 1 buah pepaya berukuran sedang. Penderita diabetes juga membutuhkan cukup serat, menurut sebuah penelitian menunjukan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi serat yang tinggi memiliki kadar glukosa darah dan untuk penderita diabetes tipe 2 memungkinkan meningkatkan lipid, gula darah dan insulin.

#3 Pencernaan

Membantu melancarkan pencernaan merupakan manfaat dari buah pepaya yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Sehingga bagi anda yang mengalami susah BAB sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya. Terdapat kandungan enzim papain dalam buah pepaya, enzim inilah yang sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan. Selain itu buah pepaya juga memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan membuat teratur waktu BAB.

#4 Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah pepaya yang ditumbuk dapat digunakan sebagai salep untuk mengobati kulit yang terluka atau terbakar dan mecegahnya dari infeksi. Kandungan enzim papain dan proteolitik chymopapain dapat berfungsi layaknya salep pencegeh luka bakar. Selain itu jika dipakai sebagai salep dapat mengobati luka baring atau ulkus dekubitus.

#5 Mengurangi Berat Badan

Salah satu manfaat buah pepaya yang paling sering dimanfaatkan ialah dapat membantu mengurangi berat badan. Terdapat lebih banyak kandungan enzim pada buah pepaya yang lebih muda daripada pepaya matang. Enzim yang ada dalam buah pepaya dapat membantu mengurangi protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu juga membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih optimal serta membuat pembakaran lemak menjadi energi dapat berlangsung dengan sangat baik.

#6 Anti Inflamasi

Terdapat enzim yang memiliki sifat anti inflamasi pada buah pepaya. Enzin tersebut berfungsi menghilangkan rasa sakit bagi penderita osteoporosis, arthritis dan edama. Selain itu enzim tersebut juga dapat mencegah kanker jika dikonsumsi secara rutin.

#7 Menyehatkan Tulang

Jika tulang kekurangan asupan vitamin K memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami patah tulang. Oleh karenannya sangat penting untuk mencukupi asupan vitamin K harian tubuh salah satunya ialah dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

#8 Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin, kalium dan serat yang ada pada buah pepaya dapat membantu mencegah penyakit jantung. Penurunan asupan natrium yang diikuti dengan peningkatan asupan kalium merupakan salah satu perubahan pola makan yang cukup penting dan dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Selain itu gejala penyakit jantung juga dapat dicegah karenanya adanya kandungan enzim yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol.

#9 Mencegah Degenerasi Makula

Dalam buah pepaya juga terdapat kandungan senyawa eaxathin antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata. Senyawa tersebut dapat menyaring cahaya biru yang membahayakan kesehatan mata serta menangkal kerusakan degenerasi.

#10 Pencegahan Asma

Dengan banyak mengkonsumsi asupan nutrisi tertentu dapat mencegah penyakit asma kambuh. Salah satu nutrisi penting tersebut ialah beta karoten yang juga ada dalam buah pepaya. Sehingga bagi anda yang memiliki penyakit asma, buah pepaya sangat dianjurkan untuk anda konsumsi secara rutin.

Baca juga : Manfaat buah naga merah

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan

Selain bagus untuk kesehatan buah pepaya juga bagus untuk digunakan dalam dunia kecantikan, apa saja? Berikut beberapa manfaat pepaya dalam dunia kecantikan.

Manfaat yang pertama ialah untuk perawatan kulit. Buah pepaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit dan memberikan kesegaran kulit. Selain itu juga baik untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat yang memicu berbagai penyebab penyakit kulit lainnya seperti kulit kusam, berminyak dan lain sebagainya.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan ternyata buah pepaya juga mengandung enzim yang bagus untuk merangsang pertumbuhan payudara. Pada buah pepaya muda terdapat kandungan vitamin A yang cukup melimpah, yang dapat merangsang indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan yang membuat kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Baca juga : Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Efek Negatif Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Buah pepaya memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Namun yang perlu diwaspadai ialah buah pepaya mengandung lateks sehingga patut dihindari bagi mereka yang alergi terhadap bahan lateks karena adanya chitanases. Mengkonsumsi pepaya secara rutin memang memiliki banyak sekali manfaat namun jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang beragam untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang. Karena tubuh juga memerlukan berbagai nutrisi penting lainnya.

Demikainlah sedikit ulasan singkat kami seputar manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan serta efek negatifnya. Semoga apa yang kami ulas ini bermanfaat.

Related Posts

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Negatifnya
4/ 5
Oleh