Thursday, November 3, 2016

Penyebab Jerawat dan Tips Mencegahnya Muncul Kembali

Penyebab jerawat dan tips mencegahnya muncul kembali ini sangatlah penting untuk diketahui agar nantinya kita dapat melakukan pencegahan dengan cara yang tepat. Jerawat memang merupakan masalah yang umum dialami oleh masyarakat terutama bagi kalangan remaja. Jerawat umumnya timbul di area wajah (hidung, pipi maupun dahi) tetapi juga bisa muncul di area leher, dada maupun punggung.

Sebelum melakukan pengobatan terhadap jerawat baik itu dengan cara alami ataupun menggunakan obat-obatan, anda harus mengetahui aneka penyebab munculnya jerawat. Karena dengan mengetahui sebab-sebab yang memicunya, proses penyembuhan dapat dilakukan dengan cepat.

Selanjutnya setelah paham benar apa saja sebab-sebab jerawat anda bisa membaca artikel rangkaian kami seputar jerawat mulai dari cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat hingga cara menghilangkan jerawat batu.

Penyebab Jerawat dan Tips Mencegahnya Muncul Kembali
Penyebab Jerawat dan Cara Mencegahnya Muncul via ConsumerHealthDigest.com

Sebab-Sebab Munculnya Jerawat Yang Harus Kamu Ketahui

Penasaran bukan apa saja penyebab munculnya jerawat yang membandel di wajah? Berikut beberapa sebab munculnya jerawat pada area wajah anda.

#1 Bakteri

Penyebab jerawat yang paling serius umumnya disebabkan oleh bakteri. Bakteri p.acne umumnya ada pada kulit dan memiliki kecenderungan untuk terus berkembang biak didalam kelenjar sebaceos yang dapat menyebabkan penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi pada daerah disekitar jerawat. Ketika membesar kelenjar tersebut akan mengakibatkan pembengkakan dan peradangan yang nantinya dapat pecah dan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Inilah pemicu utama munculnya jerawat batu di wajah yang biasanya ketika sembuh akan menimbulkan bekas berbentuk lubang-lubang. Oleh karenannya sebisa mungkin jangan sampai memencet jerawat karena dikhawatirkan akan bertambah parah nantinya.

#2 Produksi Minyak Berlebih

Kurangnya menjaga kebersihan wajah tidak selamanya menjadi penyebab munculnya jerawat, namun juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor internal atau dari dalam tubuh. Jerawat bisa terjadi karena kondisi kulit yang abnormal yang disebabkan oleh kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan disaluran folikel pori-pori dan rambut kulit. Wajah yang cepat berminyak yang nantinya akan bercampur dengan debu dan kotoran dapat memicu munculnya jerawat.

#3 Faktor Hormon

Bisa dikatakan hormon merupakan penyebab terbesar yang memicu munculnya jerawat terutama untuk kalangan remaja. Pada umumnya jerawat akan mulai muncul ketika manusia menginjak umur 10 hingga 15 tahun dan akan mulai menghilang ketika umur 25 tahun, akan tetapi terkadang ada juga yang mecapai usia 40 hingga 50 tahun baru hilang dengan prosentase sekitar 7%. Wanita 2-7 hari menjelang menstruasi umumnya memiliki resiko yang lebih tinggi terkena jerawat, ini karena perubahan hormon yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

#4 Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki beberapa efek buruk bagi kesehatan dan salah satunya dapat memicu timbulnya jerawat. Minuman yang mengandung soda dapat menimbulkan inflamasi didalam tubuh manusia, itu karena soda mengandung aspartame yang merupakan salah satu zat yang dapat mempercepat pertumbuhan jerawat. Soda juga bisa menurunkan pH yang membuat jerawat menjadi sulit diatasi dan membandel.

#5 Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Seperti tidak ada hubungannya bukan antara jerawat dan rambut? Akan tetapi rambut memiliki peran yang cukup penting yang dapat menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan bercampur dengan kotoran yang ada pada kulit kepala dan mengalir ke area wajah. Bercampurnya aliran minyak dengan beragam kotoran, debu serta bakteri ini akan membuat jerawat jadi lebih mudah tumbuh dengan subur. Oleh karenannya meski terkadang kita sudah melakukan penganan terhadap jerawat namun tidak kunjung sembuh, bisa jadi anda kurang menjaga kebersihan rambut anda.

#6 Alergi Makanan dan Minuman

Tidak sedikit pula munculnya jerawat disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu misalnya seperti susu, makanan laut dan lain sebagainya. Beberapa makanan lain yang dapat menjadi pemicu utama munculnya jerawat ialah makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi, Vitamin A yang rendah serta terlalu banyak kandungan karbohidrat.

#7 Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit

Munculnya jerawat juga bisa dipicu oleh hal-hal sepele yang kita remehkan seperti tekanan helm, ponsel, kerah baju dan berbagai macam benda lain yang tanpa kita sadari menjadi pemicu munculnya jerawat.

#8 Sel-Sel Kulit Mati

Umumnya memang jerawat muncul diakibatkan semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan lebihnya produksi kelenjar minyak. Dan bercampurnya dengan sel-sel kulit mati serta bakteri akan memunculkan jerawat di area wajah. Penyumbatan yang timbul karena adanya sel kulit mati yang nantinya akan bercampur dengan sabun maka akan menimbulkan bintik atau flek hitam dan putih pada wajah.

Tips Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Setelah tahu apa saja penyebab munculnya jerawat kini saatnya anda juga tahu cara mencegahnya muncul kembali. Bagaimana saja kira-kira cara mencegah jerawat muncul kembali, berikut cara-cara yang bisa anda coba.

#1 Menjaga Kebersihan Wajah

Selalu menjaga kebersihan wajah membuat anda terhindar dari jerawat. Karena dengan selalu terjaganya kebersihan baik kotoran, debu ataupun minyak akan hilang dari wajah anda. Jangan menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang membahayakan kulit. Jika tidak cocok dengan sabun muka anda bisa mencoba menggunakan sabun bayi.

#2 Hindari Memakai Make Up berlebihan

Setelah menggunakan make up pastikan untuk selalu mencuci muka anda misal ketika menjelang tidur. Pilihlah make up yang tidak menimbulkan iritasi dan cocok untuk kulit anda.

#3 Gunakan Moisturize

Pelembab membantu menjaga kulit agar tidak kering atau berminyak sehingga meminimalisir munculnya jerawat pada wajah. Pelembab gel lebih cocok untuk wajah yang berminyak sedangkan pelembab lotion lebih cocok digunakan untuk wajah yang kering.

#4 Gunakan Obat Apotik yang Boleh Tanpa Resep Dokter

Banyak obat oles yang dijual di apotik yang penggunaannya tidak memerlukan resep dokter. Anda bisa membeli obat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat yang dapat membunuh bakteri pemicu munculnya jerawat. Kandungan bezoil peroksida dapat mebuat kulit tampak kemerah-merahan dan bersisik oleh karenanya tidak dianjurkan untuk kulit yang sensitif gunakan sun block selama pemakaian.

#5 Hindari Kontak Wajah dengan Tangan

Tangan yang kotor juga dapat memicu munculnya jerawat. Apalagi jika wajah anda berjerawat, sering menyentuh wajah malah akan membuat jerawat tumbuh subur.

#6 Jaga Kebersihan Rambut

Menjaga kebersihan rambut sangat perlu untuk dilakukan mulai dari rajin kramas hingga mengurangi pemakaian minyak rambut. Minyak rambut dapat membuat rambut menjadi tidak sehat. Bercampurnya keringat dengan minyak rambut dapat menyebabkan jerawat jika mengenai wajah anda.

#7 Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur-Sayuran

Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran akan membuat gizi yang dibutuhkan tubuh anda tercukupi.

#8 Jangan Sering-Sering Terkena Matahari Langsung

Sinar ultra violet dapat menyebabkan wajah anda rentan terkena flek hitam yang diakibatkan sel kulit mati. Sehingga nnatinya menjadi pemicu munculnya jerawat. Selalu bersihkan wajah anda setelah beraktifitas diluar ruangan.

#9 Rileks dan Hindari Stress

Pikiran yang tidak tenang dan mudah stress membawa efek buruk pada kesehatan manusia dan salah satunya juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Oleh karenanya pastikan anda untuk tidak mudah stress dan menyelesaikan setiap masalah dengan kepala dingin.

#10 Olahraga Secara Teratur

Berkeringat dengan olahraga membantu tubuh mengeluarkan racun-racunnya, sehingga membantu kulit terjaga kesehatannya. Berolahragalah secara rutin walau sekedar jogging di pagi hari, lakukan minimal 20-30 menit setiap hari.

Demikianlah ulasan singkat kami seputar penyebab jerawat dan tips mencegahnya muncul kembali. Kini setelah anda tahu apa saja penyebabnya dan cara pencegahannya anda dapat meminimalisir wajah anda dari jerawat serta mempermudah dalam proses penyembuhan. Semoga jerawat yang anda derita dapat lekas sembuh dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit wajah.

Related Posts

Penyebab Jerawat dan Tips Mencegahnya Muncul Kembali
4/ 5
Oleh