13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

Cara mengatasi jerawat batu paling ampuh serta bekasnya merupakan artikel lanjutan dari kami yang masih berkutat dimasalah jerawat, satu dari masalah yang banyak sekali dialami terutama kaum remaja. Sebelumnya kami telah memuat artikel seputar jerawat juga mulai dari cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat. Kini kami akan mengulas lebih dalam seputar cara menghilangkan jerawat batu serta bekasnya.

Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang cukup bandel dan sulit untuk dihilangkan. Perlu perawatan yang intensif agar jerawat ini dapat sembuh total beserta bekasnya. Ciri-ciri umum jerawat batu atau yang biasa disebut Systic Acne memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran jerawat pada umumnya, hal ini dikarenakan peradangan yang hebat pada kulit sehingga jerawat jenis ini dapat menimbulkan rasa sakit bahkan terkadang rasa sakit yang ditimbulkan terasa luar biasa.

Bagi anda yang ingin melakukan pengobatan terhada jerawat batu, penting juga untuk mengetahui apa saja kira-kira penyebab terjadinya jerawat batu. Baru kemudian melakukan penanganan dengan memilih salah satu bahan alami yang ingin dicoba. Hasil dari perawatan akan terlihat setelah dilakukan secara rutin, karena dengan memakai bahan alami tidak akan langsung instant seperti halnya berobat ke dokter.

cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya ampuh
Cara menghilangkan jerawat batu via JustHerbs.in

Penyebab Munculnya Jerawat Batu di Wajah

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara membasmi jerawat batu dan bekasnya ada baiknya kita ketahui dulu penyebab dari munculnya jerawat batu ini.

#1 Faktor GEN atau keturunan
Munculnya jerawat batu bisa disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan. Jika orang tua atau kakek nenek anda ada yang pernah mengalami penyakit ini, bisa jadi anda berpeluang mengalami hal yang serupa. Penyebab utamanya karena minyak berlebih pada bagian wajah atau muka yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

#2 Kurang Menjaga Kebersihan Wajah
Kurang menjaga kebersihan wajah seperti tidak pernah atau jarang mencuci muka ketika menjelang tidur atau dari aktifitas diluar ruangan akan membuat wajah jadi gampang berjerawat. Itu karena bekas kosmetik atau bahkan kotoran menempel pada wajah menjadi pemicu terjadinya jerawat batu.

#3 Terlalu Sensitifnya Kulit Wajah
Wajah yang terlalu sensitif terhadap ransangan akan membuatnya jadi gampang berjerawat. Hal ini bisa menjadi fatal ketika pori-pori pada wajah mengalami penyumbatan maka akan menimbulkan peradangan dan terbentuklah jerawat.

#4 Pemakaian Pembersih Jerawat yang Kurang Higenis
Umumnya memang penderita jerawat merasa risih dengan jerawat yang sedang diderita. Sehingga terkadang mereka melakukan hal-hal yang sebenarnya pantangan bagi penderita jerawat seperti memencet jerawat baik dengan tangan ataupun menggunakan alat. Cara-cara seperti ini bukannya membuat jerawat sembuh tapi malah bertambah parah.

#5 Regenerasi Kulit Wajah yang Kurang Normal
Saat kondisi kulit normal regenerasi kulit akan berjalan seperti seharusnya. Namun regenerasi kulit bisa juga melambat dikarenakan sistem dalam tubuh yang tidak berjalan optimal seperti kurang olahraga atau kurang istirahat yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati secara terus-menerus. Selain mengakibatkan jerawat juga mengakitkan flek atau noda hitam.

#6 Penggunaan Kosmetik Yang tidak Cocok
Kosmetik mengandung bahan kimia yang terkadang tidak cocok untuk setiap jenis kulit. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat inilah yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Ada baiknya anda memilih kosmetik yang sesuai dengan kulit anda dan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan kulit.

Cara Efektif Menghilangkan Jerawat Batu dan Bekasnya

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu yang telah terbukti khasiatnya. Dengan melakukan perawatan yang teratur tentu akan memberikan hasil yang optimal.

#1 Menghilangkan Jerawat Batu Membandel Dengan Madu

Madu sebuah cairan yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, bahkan semenjak zaman dahulu telah dipakai untuk beraneka macam pengobatan termasuk untuk masalah kecantikan.

Cara Penggunaan Madu :
  • Oleskan madu murni pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Untuk hasil maksimal bisa dilakukan menjelang tidur dan dibiarkan selama semalaman

#2 Menghilangkan Jerawat Membandel dengan Jeruk Nipis

Dapat menyembuhkan jerawat merupakan salah satu manfaat dari sekian banyak manfaat buah jeruk nipis bagi kesehatan. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan herbal alami yang terbilang sangat ampuh untuk meghilangkan jerawat.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis :
  • Belah menjadi 2 buah jeruk nipis
  • Lalu oleskan pada wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

#3 Membasmi Jerawat Batu dengan Masker Tanah Liat

Tanah liat mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan kulit, dapat digunkan untuk mengencangkan wajah maupun menghilangkan jerawat batu yang membandel.

Cara Penggunaan Tanah Liat :
  • Campurkan tanah liat dengan air hangat hingga menjadi adonan
  • Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat hingga mengering
  • Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk lembut

#4 Mengobati Jerawat Batu dan Peradangannya dengan Buah Mengkudu

Pengobatan dengan memanfaatkan buah mengkudu merupakan pengobatan yang dilakukan dari dalam. Sehingga anda bisa mengkombinasikannya dengan berbagai macam pengobatan bahan alami lainnya yang langsung dari luar. Cara mengobati jerawat dengan mengkudu cukup mudah. Kita hanya perlu membuatnya menjadi jus dan meminumnya. Selain baik untuk jerawat juga baik untuk menjaga kecantikan anda.

Cara Pengobatan :
  • Blender buah mengkudu, gula batu dan air secukupnya
  • Minum secara teratur minimal sehari sekali untuk hasil yang maksimal
  • Lakukan terus hingga jerawat anda sembuh

#5 Mengobati dan Mencegah Munculnya Jerawat Batu dengan Air Putih

Meminum air putih secara teratur dapat membantu memperlancar peredaran darah. Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh tidak lancarnya peredaran darah yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan dan akhirnya munculah jerawat. Pengobatan cara ini memang merupakan pengobatan dari dalam sehingga akan lebih baik jika dikombinasikan dengan pengobatan dari luar dan tentu saja dengan bahan alami lainnya. Saran dari dokter kesehatan minumlah 8 gelas air sehari, karena jumlah tersebut merupakan jumlah air yang dibutuhkan rata-rata oleh manusia. Namun untuk anda yang bekerja dengan mengeluarkan keringat berlebih seperti bekerja dibawah terik matahari biasanya membutuhkan lebih banyak konsumsi air.

#6 Basmi Jerawat Batu dan Peradangannya dengan Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi jerawat batu. Selain itu kandungan senyawa yang ada dalam bawang putih dapat membantu meringankan rasa sakit akibat peradangan.

Cara Pengobatan :
  • Oleskan potongan bawang putih pada wajah yang berjerawat
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin hingga jerawat mengering

#7 Menyembuhkan Jerawat dengan Herbal Sidaguri

Tanaman herbal sidaguri selama ini terkenal dengan tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat, namun khasiat lain dari tanam ini ialah efektif untuk menyembuhkan jerawat.

Cara Penggunaan :
  • Rebuslah daun sidaguri dan daun mahkota dewa secukupnya dengan 2 gelas air hingga mendidih
  • Tuang pada wadah berukuran sedang
  • Lalu lakukan penguapan pada wajah dengan memposisikan wajah diatas wadah tersebut
  • Diamkan beberapa saat dan lakukan secara rutin

#8 Mengatasi Jerawat dengan Masker Minyak Zaitun

Terdapat banyak sekali manfaat dari minyak zaitun ini dan salah satunya untuk membasmi jerawar batu yang membandel diwajah anda. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskannya saja pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

#9 Tuntaskan Jerawat Batu dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang baik untuk kulit wajah dan salah satunya ialah dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah anda hanya perlu mengoleskan gel dari lidah buaya ini keseleuruh wajah dan mendiamkannya selama 15 menit dan membilasnya dengan air bersih setelahnya. Pengobatan yang terbaik dilakukan ketika pagi atau sore hari dan akan mulai nampak hasilnya pada hari yang ketiga. Selain itu bekas jerawat juga akan memudar dengan sendirinya apabila dilakukan perawatan secara rutin.

#10 Atasi Jerawat Batu dengan Tomat

Buah tomat umumnya memang digunakan di dapur untuk memasak. Namun buah ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Cara pengobatan dengan buah tomat cukup mudah, ambilah tomat dan iris menjadi 2 bagian lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selain itu lakukan juga perawatan dari dalam dengan membuatnya menjadi jus dan meminumnya secara rutin.

#11 Masker Mentimun Efektif Basmi Jerawat Batu Membandel

Selain untuk menghilangkan jerawat batu anda kandungan mentimun juga baik untuk mencerahkan wajah anda. Sehingga selain menghilangkan jerawat juga baik untuk menghilangkan bekas jerawat seperti noda atau flek hitam pada wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, iris tipis buah mentimun dan taruh diwajah anda selama 30 menit dan bilas dengan air setelahnya. Lakukan rutin hingga nampak hasilnya.

#12 Basmi Jerawat dan Haluskan Wajah dengan Kentang

Manfaat kentang bagi wajah ialah dapat menghilangkan jerawat serta membantu menghaluskan wajah. Cara pengobatan dengan kentang cukup mudah, caranya blender kentang yang telah dikupas dan tempelkan pada wajah sebagai masker selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat setelahnya.

#13 Sembuhkan Jerawat Membandel dengan Baking Soda

Bahan alami lain yang memiliki khasiat yang cukup baik untuk menyembuhkan jerawat membandel ialah baking soda. Caranya, buat pasta dari campuran 1 sdt baking soda dengan garam dan air secukupnya. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Tips Mencegah Munculnya Jerawat Batu Pada Kulit Wajah

Ada beberapa pantangan serta beberapa hal yang harus anda lakukan agar jerawat tidak muncul kembali. Dan hal tersebut juga berperan cukup besar dalam proses penyembuhan jerawat anda.
  1. Selalu jaga kebersihan wajah dengan selalu mencuci muka anda misal hendak atau selesai menggunakan kosmetik, menjelang tidur, selesai berolahraga atau kegiatan yang mengotori wajah anda.
  2. Jaga pikiran agar tidak gampang stress
  3. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau yang terlalu pedas
  4. Olahraga yang teratrur
  5. Perbanyak minum air putih
  6. Hindari minuman yang berbau alkohol
  7. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan

Demikianlah ulasan singkat kami seputar cara mengatasi jerawat batu paling ampuh serta bekasnya. Tingkat keberhasilan penggunaan bahan alami mungkin tidak akan secepat dengan metode perawatan modern seperti obat kimia atau bahkan berobat kedokter, namun jika dilakukan secara rutin akan terlihat hasilnya. Kelebihan dari perawatan menggunakan bahan herbal ialah mudah didapat, lebih ekonomis serta tak ada resiko yang membahayakan kulit wajah anda.

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami