13 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Pada Pria & Wanita

Yuk cari tahu apa saja penyebab rambut rontok berlebihan pada pria dan wanita, sehingga dapat melakukan pencegahan sejak dini. Pasti tidak ingin bukan memiliki rambut yang rontok. Salah satu masalah yang cukup sering dialami wanita maupun pria ialah kerontokan rambut. Sebelumnya baca juga cara menebalkan rambut secara alami.

Pada pria kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan sedangkan pada wanita tentu juga sama saja. Mungkin sudah biasa jika seorang laki-laki berkepala botak namun lain cerita bagi kalangan wanita, kepala yang botak bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri.

Keinginan untuk tampil cantik bagi wanita mungkin sudah biasa dan merupakan hal yang wajar. Dan umumnya baik pria maupun wanita juga ingin memiliki rambut yang sehat dan lebat. Namun apa jadinya jika rambut yang merupakan mahkota kita mengalami kerusakan seperti kerontokan misalnya.

Dewasa ini banyak sekali produk-produk perawatan rambut guna mencegah dan mengatasi rambut rontok dan berbagai jenis kerusakan rambut lainnya. Akan tetapi terkadang produk tersebut tidak semuanya cocok dengan kulit kepala kita. Salah satu alternatif yang cukup ampuh dalam mengatasi rambut rontok yakni menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab rambut rontok berlebihan pada pria dan wanita
Penyebab Rambut Rontok via thehairsociety.org

Beberapa Penyebab Rambut Rontok yang Harus Kamu Tahu

Inilah beberapa penyebab rambut rontok yang harus kalian tahu sehingga dapat melakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi.

#1 Pengaruh Kurangnya Gizi dan Vitamin

Kesehatan kulit kepala sangat perlu untuk dijaga karena disinilah tempat tumbuhnya rambut dan akar rambut berada. Asupan gizi dan vitamin yang kurang membuat rambut jadi mudah rontok. Kerontokan tersebut terjadi karena helaian rambut yang tumbuh menipis dan membuatnya jadi mudah rapuh.

#2 Pemakaian Alat Penata Rambut

Alat penata rambut membawa efek buruk bagi kesehatan rambut dan membuatnya jadi mudah rontok. Alat pencatokan dapat membuat akar rambut menjadi kering sedangkan alat keriting rambut bisa membuat rambut jadi tertarik-tarik. Dan masih banyak lagi alat yang biasa dipakai di salon yang bisa membuat rambut menjadi tidak sehat seperti hair dryer contohnya.

#3 Jarang Keramas

Jarang keramas juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Rambut akan jadi lembab dan menjadi berminyak. Ketika paparan sinar matahari bercampur dengan keringat maka bisa menyebabkan rambut mrnjadi rontok. Kemudian rambut yang ada pada kulit kepala akan terserap oleh folikel rambut dan menjadi lepek. Pada saat keramas sebisa mungkin jangan terlalu keras ketika menggosok permukaan kulit karena juga bisa menyebabkan rambut rontok.

#4 Gangguan Hormon

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh gangguan hormon. Ada beberapa hormon yang bisa menyebabkan kerontokan rambut yakni hormon Dihydro Testosterone(DHT), hormon Alopesia Androgenetik dan hormon Alopesia Areta.

Hormon Alopesia Androgenetik merupakan penyebab kebotakan yang sering terjadi pada perempuan dan laki-laki dengan prosentase 40% pada wanita dan 70% pada pria. Umumnya kebotakan karena hormon ini terjadi secara turun temurun yang disebabkan oleh peningkatan sensitifitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

Sedangkan jika hormon Alopesia Areata dapat mengakibatkan rambut pitak secara perlahan. Hormon ini biasanya disebabkan oleh penyakit autonium. Selain itu bisa juga karena penyakit anemia tiroid, diabetes, persinius dan vitiligo. Jika pada wanita biasanya terjasi ketika memasuki usia monopouse, penggunaan alat kontrasepsi atau pada masa kehamilan.

#5 Penyakit

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit kronis seperti diabetes atau lupus. Selain itu metode pengobatan dengan kemoterapi juga berdampak pada wajah, kulit kepala dan tubuh. Kemoterapi ini memang tidak bersifat permanen dan dapat tumbuh lagi ketika berhenti menjalani kemoterapi.

#6 Gangguan Emosional

Gangguan emosional juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut misalnya seperti stress berlebihan atau sedang tertekan. Saat seseorang mengalami stress maka otot pada syarafnya akan menegang yang akhirnya dapt melemahkan akar syaraf rambut.

#7 Rokok

Tidak ada satu pun kandunngan zat yang ada dalam sebuah rokok yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Terdapat zat adiktif didalam sebuah rokok yang membahayakan organ-organ dalam tubuh kita. Tidak hanya mempengaruhi organ vital seperti jantung, otak, paru-paru namun juga mempengaruhi kesuburan rambut sehingga menjadikannya mudah rontok. Menurut sebuah penelitian, rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

#8 Efek Samping Obat

Ternyata ada beberapa obat yang memiliki efek buruk bagi kesehatan rambut dan bisa menyebabkan kerontokan juga. Obat-obatan tersebut diantaranya obat depresi, obat kemoterapi, obat pengencer darah dan obat kontrasepsi. Dan biasanya kerontokan akan berkurang ketika konsumsi obat tersebut dihentikan.

#9 Kehamilan

Pada masa kehamilan atau setelah melahirkan banyak sekali kaum wanita yang menangalami kerontokan rambut. Kerontokan tersebut terjadi secara alami dan akan kembali pulih setelah 3 bulan pasca melahirkan. Namun terkadang masih ada saja yang masih mengalami kerontokan meski sudah melewati masa tersebut hanya saja sangat jarang terjadi dan kerontokannya juga sudah berkurang.

#10 Penggunaan Bahan Kimia

Jika anda melakukan perawatan rambut yang berlebihan anda patut untuk berhati-hati. Pasalnya bahan kimia yang terkandung dalam berbagai produk perawatan rambut juga membahayakan, karena dapat menyebabkan kerontokan. Misalnya saja melakukan pewarnaan rambut, pengritingan rambut ataupun rebounding.

Pada proses rebounding ini umumnya setelah rambut diberi obat maka akan didiamkan dahulu selama 30 menit atau lebih. Obat rebounding yang mengenai kulit kepala inilah yang bisa memicu terjadinya kerontokan rambut. Selain itu juga rebounding membuat rambut jadi rusak karena efek pemanasan apalagi jika proses pelurusan rambut menggunakan catok.

#11 Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Mengikat rambut memang mempercantik penampilan. Tapi siapa sangka jika terlalau kencang dalam mengikat rambut malah membahayakan kareana dapat membuat rambut jadi rontok. Jika anda ingin mengikat rambut usahakan untuk tidak terlalu kencang saat menarik maupun mengikatnya.

#12 Infeksi

Penyebab rambut rontok berlebihan lainnya ialah terjadinya infeksi pada kulit kepala. Solusinya haruslah segera diaobati agar tidak terjadi kerontokan yang berlebihan pada rambut. Gunakan anti-jamur untuk mengobati infeksi bisa dengan menggunakan obat atau bahan alami seperti bawang merah dan masih banyak lagi.

#13 Sinar Matahari Serta Polusi

Terlalu lama dibawah sinar matahari juga bisa berakibat buruk bagi rambut karena menyebabkan berkurangnya keratin rambut. Keratin merupakan protein yang ada pada rambut, gigi dan kuku manusia. Fungsi keratin ini sebenarnya ialah menjaga rambut agar tetap berkilau.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok berlebihan pada pria dan wanita. Dengan mengetahui penyebabnya anda bisa melakukan pencegahan sehingga tidak sampai terjadi kerontokan pada rambut. Namun jika sudah terlanjur rontok kamu bisa mengobati dengan bahan-bahan tradisional yang efektif dan aman bagi kulit kepala.

Popular posts from this blog

5 Cara Cepat Memutihkan Badan dengan Ramuan Herbal Tradional

13 Cara Mengatasi Jerawat Batu Paling Ampuh Serta Bekasnya

8 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat dengan Bahan Alami