Friday, November 18, 2016

Ketahui Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mencegahnya

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang umum dan paling sering diderita masyarakat. Sakit kepala ini bisa disebabkan berbagai macam hal dan datangnya pun sering tanpa pertanda. Sakit kepala juga bisa menandakan seseorang sedang terkena penyakit kronis atau hanya penyakit biasa. Nah, mari kita ketahui penyebab sakit kepala dan cara mencegahnya. Penasaran bukan? Baca terus sampai habis ya!

Sakit kepala merupakan penyakit yang muncul di area kepala. Sebagian sakit kepala memang tidak semuanya serius dan bisa diatasi dengan mudah. Seperti dengan meminum obat sakit kepala, istirahat yang cukup dan minum cukup air putih. Namun ada beberapa sakit kepala yang memang pertanda bahwa anda sedang mengalami penyakit serius yang mungkin bisa membahayakan nyawa anda.

Sakit kepala memang merupakan penyakit yang munculnya tidak bisa ditebak. Bisa tiba-tiba menyerang dan bisa juga menyerang secara perlahan. Dan masa sakitnya pun bervariasi ada yang dalam hitungan jam bahkan hingga berhari-hari.

Penyebab sakit kepala dan cara mencegahnya
Penyebab Sakit Kepala via images.google.com

Penyebab Sakit Kepala

Berdasarkan penyebabnya sakit kepala dapat dikelompokan menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer ialah sakit kepala yang terjadi namun tidak berkaitan dengan penyakit lainnya. Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang terjadi karena disebabkan oleh penyakit lain.

Sakit Kepala Primer

Terjadinya gangguan pada struktur kulit kepala yang sensitif terhadap rasa sakit merupakan penyebab utama terjadinya sakit kepala primer. Beberapa faktor yang berperan dalam sakit kepala ini antara lain gangguan pada otot kepala dan leher, pembuluh darah atau saraf dan aktifitas kimia di otak. Umumnya, pada sebagian orang penyakit ini merupakan penyakit turun-temurun. Yang termasuk dalam sakit kepala primer antara lain :

Migrain
Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling sering terjadi. Orang yang terkena migrain akan mengalami sakit kepala sebelah atau bisa juga di kedua sisi dengan rasa seakan-akan berdenyut. Penyakit ini cukup mengganggu aktifitas harian kita. Migrain dapat diobati menggunakan beragam obat yang ada di apotik. Akan tetapi jika sakit berlanjut atau tidak kunjung sembuh sebaiknya segera menemui dokter.

Sakit Kepala Tegang
Selain migrain sakit kepala jenis ini juga sering terjadi. Gejala sakit kepala ini biasanya serasa kepala dililit dengan pita karet dan kepala seperti ditekan terus-menerus. Beberapa hal yang menyebabkan sakit kepala tegang ini diantaranya kurang tidur, depresi, stress, melewatkan waktu makan, dehidrasi dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Sakit Kepala Cluster
Penyakit ini umumnya terjadi hanya satu atau dua bulan sekali dalam setahun. Orang yang menderita sakit ini akan merasakan sakit yang cukup hebat dan bahkan terasa hingga salah satu mata. Untuk meredakan sakit ini anda bisa menggunakan beragam obat yang bisa ditemui di apotik atau toko obat.

Sakit Kepala Sekunder

Sakit keapala jenis ini merupakan sakit kepala yang terjadi akibat aktifnya saraf rasa sakit dikepala yang diakibatkan oleh suatu penyakit.

Penyebab terjadinya sakit kepala sekunder :
  • Flu
  • Sinusitis
  • Masalah gigi
  • Pengar
  • Infeksi telinga
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin
  • Terlalu banyak mengkonsumsi monosodium glutamat (MSG)
  • Perubahan hormon pada wanita
  • Terjadi gangguan penglihatan (glaukoma)
  • Menggunakan penutup kepala yang terlalu ketat

Penyebab sakit kepala sekunder yang sering terjadi :
  • Radang pada otak
  • Penyumbatan pembuluh darah di otak
  • Aneurisma otak
  • Gegar otak
  • Keracunan karbon monoksida
  • Neuralgia trigeminal
  • Meningitis
  • Serangan panik

Cara Mencegah Sakit Kepala

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap sakit kepala agar tidak sampai terjadi. Nah apa saja yang dapat dilakukan tersebut, mari simak dibawah ini :

Menjaga Pola Makan

Dengan menjaga pola makan yang teratur dapat membantu mencegah munculnya sakit kepala. Sangat disarankan untuk makan dengan teraur dan di jam-jam yang sama, usahakan makan 3 kali dalam sehari.

Kurangi Konsumsi Kafein

Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi misalnya. Ketergantungan terhadap kafein dapat menimbulkan sakit kepala. Misalnya seseorang yang tidak biasa minum kopi murni kemudian minum kopi maka bisa saja merasa pusing setelahnya. Akan tetapi bagi yang terbiasa minum mungkin tidak namun jika kemudian berhenti mengkonsumsi bisa menimbulkan sakit kepala juga.

Menjaga Istirahat

Kurangnya istirahat atau tidur juga bisa membuat kepala anda menjadi pusing. Oleh karenanya atur waktu istirahat anda dan kurangi begadang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Hindari Stress

Memikirkan sesuatu secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan, karena dapat menimbulkan stress dan akhirnya bisa menyebabkan kepala pusing. Jadwalkan dengan baik setiap rutinitas anda dan maksimalkan waktu-waktu produkktif. Namun ketika masa istirahat anda beritirahatlah, luangkan waktu dengan sahabat atau keluarga untuk mendinginkan kepala.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga memang merupakan aktifitas yang penting dan sebisa mungkin harus dilakukan demi menjaga kesehatan manusia. Olahraga membantu mengeluarkan keringat, membakar lemak dan kalori dan masi banyak lagi yang lainnya. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan santai mulai dari bersepeda, jogging dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kurangi Konsumsi Obat

Konsumsi obat yang berlebihan bisa menimbulkan efek sakit kepala semakin sering muncul. Sebaiknya gunakan waktu untuk beristirahat jika memang mengalami sakit kepala akan lebih baik jika melakukan konsultasi langsung ke dokter.

Santai

Bersantai membantu meringankan beban pikiran anda sehingga pikiran bisa berfikir jernih. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan saat bersantai mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, melakukan relaksasi, berendam dikolam renang atau melakukan refreshing dengan traveling.

Baca juga : Cara merawat rambut secara alami

Kurang lebih demikianlah penyebab sakit kepala dan cara mencegahnya yang harus anda tahu agar dapat melakukan antisipasi agar tidak mudah sakit kepala. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kesehatan lainnya di blog kami.